Header Ads

LAKI-LAKI=WANITA/WANITA=LAKI-LAKI

Nampaknya posisi perempuan benar-benar tidak selamanya menjadi yang ter-di-bawah-kan dari laki-laki. Disaat tertentu, laki-laki perlu belajar dari kekuatan yang dimiliki oleh perempuan. Sama-sama kita tahu, selama ini perempuan hampir sulit dijadikan manusia seutuhnya. Kita bisa lihat dalam sebuah kisah, ketika kelompok pembebasan nasional Zapatista (EZLN) di pegunungan Chiapas, Meksiko selesai menyusun rancangan undang-undang yang membahas soal hak-hak perempuan suku Indian di Chiapas, salah seorang kepala pasukan mengatakan, "Untunglah rancangan undang-undang ini ditulis dalam bahasa Spanyol sehingga istriku tidak akan bisa memahaminya. " Pimpinan Zapatista, Subcomandante Insurgente Marcos segera menyahut, "Jangan terlalu cepat bergembira. Dokumen itu akan diterjemahkan ke dalam semua bahasa suku-suku Indian yang terlibat dalam perjuangan ini. Seluruh perempuan di Chiapas akan mengetahui apa saja hak-hak mereka."

Ilustrasi di atas menggambarkan secara sederhana bagaimana sulitnya usaha memanusiakan perempuan, bahkan ketika perangkat hukum yang secara formal menjamin hak-hak perempuan telah disepakati. Perempuan diakui keberadaannya sebagai makhluk hidup, namun lingkup kehidupannya dipercayai telah dibatasi oleh keniscayaan biologis dimana konstruksi tubuhnya menentukan secara alamiah apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh perempuan.

Sebagai pengingat kepada kita saja, kali ini saya perlihatkan gambar ilustrasi subversi Gender. Gambar ini saya dapat dari situs teman.


Semoga saja kesadaran kita dalam memahami kesetaraan antar sesama semakin terasah. Sudah saatnya perasaan yang memposisikan perempuan sebagai 'the other' akan semakin hilang seiring dengan perkembangan gagasan setiap manusia. Salam blogger.

7 komentar:

Vivieck mengatakan...

saya setuju sob...wanita maupun laki-laki masing2 punya kelebihan tersendiri....mengenai tingkatan gak ada tinggi dan rendah...sesuatu yang seharusnya terjadi dari dulu sampai akhir dunia nanti,
oh iya...thxs buat komen panjangnya sob...saya suka sekali...
selamat pagi !!!

BUNTU mengatakan...

@VivieckDengan mengetahui posisi perempuan itulah makanya jangan ada perselingkuhan sob//// hheheheh

rawins mengatakan...

perasaan malah kaum feminis sendiri yang menganggap perempuan sebagai manusia nomer dua. kenyataannya di masyarakat lebih banyak menempatkan perempuan sebagai manager rumah tangga.

BUNTU mengatakan...

@rawinshampir benar dapat dikatakan demikian... terkadang yg feminims jadi macho,,, begitu juga sebliknya

oempak mengatakan...

laki" ato perempuan mnurut saya sama saja, hanya masalah gender saja yg berbeda, klo dlihat masalah karir atau jabatan sama aja, liat saja Ibu Sri Mulyani yg sekarang diangkat oleh orang luar untuk menjabat di bank dunia sebagai apa ya lupa lagi :D yg pasti kedudukannya lbh tinggi dr yg sebelumnya

JUN mengatakan...

saia setuju dengan sobat oempak :)

SISWA TKJ mengatakan...

salam kenal sobat...
kunjung balik iaaa..

Diberdayakan oleh Blogger.